Thursday 15 June 2017

Satlan Penguasaan Konten Bidang Belajar Forex


Sekolah: SMA 1 Padang BIMBINGAN DAN KONSELING Topik Bahasan. Membina Hubungan Baik dengan Teman Sebaya. Bidang pengembangan. Kehidupan Sosial Jenis Layanan. Penanasaan Konten Fungsi layanan. Fungsi Pemahaman, pencegahan, pemeliharaan dan pengembangan. Tujuan Layanan: Agar Siswa mengenal dan memahami hubungan yang baik dengan temannya. Siswa mampu bersikap dan berperilaku baik dalam bersosialisasi dengan tema sebayanya. Siswa mempunyai kecakapan-kecakapan untuk memulai dan mempertahankan hubungan yang harmonis dengan teman sebayanya. Sasaran Layanan. Siswa kelas XI IPS Uraian Kegiatan dan materi layanan. Penyampaian materi mengenai pertemanan yang baik Tanya jawab Simulasi mengenai komunikasi yang sehat dalam pertemanan Pemberian tugas mengenai keterampilan dalam berteman melalui LKS Penyampaian 1 atau 2 orang Siswa mengenai LKS yang telah di tulisnya. Pemberian kata-kata motivasi Metode. Ceramah, Tanya Jawab, Pemberian Tugas, Tempat Penyelenggaraan. Ruang Kelas Waktu: tanggal, semestre. Setembro minggu ke 3, semestre II Penyelenggara Layanan. Peni Okto Randi (Guru Pembimbing) Pihak-pihak yang disertakan dalam layyan penyelenggaraan: Alat dan perlengkapan yang digunakan: Laptop, infokus, powerpoint, lembaran LKS Altifalante. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan: Penilaian Segera. Menanyakan pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan dan melihat jawaban siswa di LKS yang telah dibagikan Penilaian Jangka Pendek. Mengamati perilaku siswa di dalam atau di luar kelas dengan teman-temannya. Penilaian Jangka Panjang. Melihat kekompakan mereka untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dalam menjaga hubungan baik mereka. Keterkaitan layanan ini dengan layanankegiatan pendukung lain: Himpunan Data Catatan khusus: Mengetahui: Padang, 17 de setembro de 2012 Coordenador BKKepsek Perencana LayananGuru BK 823082308230823082308230823082308230. Peni Okto Randi Mpd, Kons. MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN TEMAN SEBAYA Manusia dalam kegiatan sehari hari tidak lepas dari interaksi sesama manusia, baik yang positif dan negatif. Disini saya mencoba berbagi cara bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan teman ataupun dengan orang yang belum kita kenal. Berikut cara cara untuk menjaga sebuah hubungan pertemanan: Hormatilah teman, teman biasanya sebaya dengan kita, bahkan ada yang lebih tua dari kita, por karenanya sudah sepantasnya kita menghormati yang lebih tua. Tidak bercanda keterlaluan. Kalau kita bersenda gurau hal hal yang kecil mugkin tidak masalah, tetapi kalau sudah diluar batas, maka hubungan itu bisa langsung retak. Sesekali kumpul. Biasanya jika ada waktu senggang ajak teman teman kita untuk hangout bareng ke mall untuk makan ataupun sekadar jalan jalan, ini berfungsi untuk mengakrabkan diri kita. Jangan terlalu sering karena akan merasa jenuh. Bantu, bantulah teman jika mengalami kesulitan, ingat membantu dalam yang postif. Jangan sesekali membantu teman jika berbuat salah apalagi melanggar hukum. Ibadah berjamaah, selain mendapatkan pahala yang berlipat, beribadah dengan teman akan semakin akrab dengan teman. Saling mengingatkan, itu perlu karena sifat dasar manusia adalah pelupa. Berbagi, saling memberi jika mempunyai rejeki lebih. Pada dasarnya semua orang ingin dihargai, tidak peduli apakah ia orang berpangkat atau tidak, orang miskin atau kaya, sesama agama atau tidak seagama, sesama suku atau tidak sesama suku, semuanya ingin dihargai secara proporcional. Namun sayangnya, banyak orang dikalangan kita yang tidak mau menghargai orang lain. Padahal menghargai orang lain bukan berarti memberikan sesuatu yang besar nilainya. Misalnya saja menghargai pendapat orang lain. Hal ini sangat penting dilakukan dalam membina hubungan yang baik. Kalau ingin dihargai orang lain, maka kita harus menghargai orang terlebih dahulu. Setiap orang selalu ingin dihormati. Oleh karena itu, janganlah kita menghormati orang lain karena ia kebetulan punya pangkat atau kedudukan. Kita perlu menghormati orang lain, bila kita melihat orang lain tersebut melakukan sesuatu yang baik. Kita juga perlu menghormati orang yang lebih atau lebih maju dari kita. Atau dengan kata lain, ciptakan suasana saling menghormati di antara kita. Menolong merupakan suatu perbuatan yang mulia. Misalnya menolong seseorang yang sedang dalam kesusahan atau menolong orang menyelesaikan masalahnya. Menolong tidak harus dengan mengeluarkan uang. Oleh karena itu jadilah orang yang suka menolong. Tapi ingat dalam menolong jangan mengharapkan balasan. Bantulah orang lain dengan penuh keikhlasan. Pertolongan yang demikian itu di hadapan Allah SWT, dinilai sebagai suatu amalan ibadah dan berpahala. Sikap mau mengerti keadaan orang lain pada dasarnya merupakan perbuatan sangat terpuji. Sebab, orang mempunyai sikap mau mengerti keadaan orang lain ini membutuhkan kesadaran yang harus ditumbuhkan dari dalam hati nurani yang terdalam. Oleh karena itu dalam membina hubungan yang baik. Sudah seharusnya kita mau mengerti keadaan orang lain tanpa pandang bulu. Artinya kita harus menghindari sikap acuh tak acuh atau tidak peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitar kita. Bila kita melihat teman kita berprestasi dalam suatu bidang apapun karena hasil keras dan jujur, maka sebaiknya kita mau memberikan pujian terhadap teman kita tadi dengan penuh keihklasan. Sebab, pemberian pujian yang sesuai dengan keadaannya, artinya tanpa dibuat-buat, akan memberikan pengaruh positif bagi teman kita, meskipun pujian yang kita berikan itu dalam bentuk sekecil apapun. Oleh karena itu, dalam rangka membina hubungan yang baik antar sesama teman, sebaiknya kita jangan pelit memberikan pujian. Perjalanan esconder seseorang tidak selamanya berjalan mulus, artinya ada kalanya ia mengalami masalah, seperti patah semangat atau putus asa dan lain sebagainya, sehingga ia kehilangan semangat, malas, tidak bergairah. Bila kita mempunyai teman yang mengalami demikian itu, maka sebagai teman yang baik tentunya akan memberikan motivasi (dorongan), sehingga teman kita tadi tumbuh kembali rasa percaya dirinya. Oleh karena itu dalam membina hubungan yang baik, sebaiknya kita harus pandai membro da família, khususnya terhadap teman yang sedang mengalami suatu masalah. MANFAAT MEMBINA HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN TEMAN Banyak manfaat jika kita bisa menjaga hubungan dengan teman, contohnya: Jika kita kesulitan dalam hal keuangan, kita bisa minta bantuan teman. Jika kita berbisnis, kita bisa mengajak teman untuk mengmbangkan bisnis tertentu. Jika kita ingin mengeluarkan pikiran atau isi hati, temanlah sebagai penampung itu semua. Ke percaya an: hubungan jangka panjang didasarkan pada kepercayaan. Ketika kita mempercayai orang lain, kita lebih rileks, nyaman dan bersedia untuk menjadi diri sendiri tanpa kepura-puraan atau mencoba untuk menjaga fasad seseorang kita tidak. Penerimaan: Setelah kita mengalami percaya dengan orang lain, kita bisa jujur ​​tentang kelemahan dan kekurangan kita karena kita yakin bahwa kami akan diterima untuk siapa kita, tanpa penilaian atau kritik. Dukungan: Hidup kami pergi melalui banyak perubahan, beberapa direncanakan dan beberapa membawa kita terkejut. Dalam kedua kasus, meroka sering membawa kita keluar dari zona kenyamanan kita dan tantangan kita untuk tumbuh dan menjadi lebih dari kami sebelumnya. Baik, hubungan yang sehat memberi kita dukungan dan dorongan kita perlu menimbulkan tantangan baru dan berbeda. JEAR Kind: Setelah seseorang yang akan mendengarkan sem julgamento bila Anda merasa sedang down atau frustrante dan in 8220melampiaskan8221 memberikan anda kebebasan untuk mengekspresikan diri. Kadang-kadang Anda Hanya Perlu Untuk Mendapatkan Sesuatu Dari Datada Tanpa Merasa Seperti Anda Harus Mengawasi Setiap Kata Yang Anda Katakan. Memahami: Bila seseorang tahu Anda cukup baik untuk memahami di mana Anda 8220datang dari8221 dan langsung tahu konteks di mana Anda berbicara, akan lebih mudah untuk membuka. Individu dalam hubungan jangka panjang memiliki sejarah pengalaman bersama yang membangun saling pemahaman sehingga mereka 8220mendapatkan8221 tanpa banyak penjelasan. Seseorang untuk Call On Ketika Anda Perlu Tangan: Semua orang, dari waktu ke waktu, kebutuhan tangan dari seorang teman, kolega, rekan, atau anggota keluarga. Hal ini dapat dalam bentuk Saran. Pekerjaan baru, atau bantuan dengan prover tertentu di mana Anda perlu memanggil pada keahlian lain. Arahan dan Referensi: Anda dapat mengandalkan pada orang-orang dengan siapa Anda memiliki hubungan yang baik untuk memberikan referensi positif atau rujukan 8211 mereka lebih mungkin untuk menjadi advokat yang baik untuk Anda dan menjelaskan pada kekuatan Anda dan poin yang kuat. Berbagi dan Rayakan: Merayakan dengan orang-orang yang benar-benar peduli tentang Anda dan ingin Merayakan Dengan Anda ketika escondido Anda berjalan Dengan Baik, Ketika Anda dijamin promosi, atau ketika membeli rumah pertama Anda adalah menyenangkan ton. Menjadi diakui untuk prestasi Anda adalah pengalaman yang berharga dan ketika Anda memiliki hubungan yang baik, yang paling ingin menjadi bagian dari merayakan keberhasilan Anda. Stres berkurang: Berbagi escondido Anda dengan teman dan rekan kerja yang Anda percaya, yang menerima, memahami dan mendukung anda mengurangi stres karena Anda telah persahabatan dan, karenanya, kurang potensial untuk konflik interpessoal. Hubungan yang baik membawa yang terbaik dalam tim kerja dan keluarga dengan mengurangi kecemasan yang menyebabkan stres dan, pada saat yang sama, hubungan yang baik menumbuhkan rasa kesejahteraan dan keamanan emosional. Kebahagiaan dan Kepuasan. Memiliki hubungan yang baik berarti bahwa ada saling seperti untuk satu sama lain. Berada di sekitar orang yang Anda sukai dan yang seperti Anda menciptakan situasi yang harmonis, mendukung, dan baik, bahagia. Anda memiliki perasaan keseluruhan kepuasan dalam hidup Anda 8211 baik di tempat kerja, di rumah, atau di komunitas Anda. Ingat, menjaga sebuah hubungan lebih sulit daripada membangun sebuah hubungan, dan membangun sebuah hubungan lebih sulit untuk menghancurkan sebuah hubungan. Ayu dan yati merupakan dua sahabat yang lumayan sudah lama membina pertemanan mereka. Bahkan bisa dikatakan mereka seperti dua orang bersaudara. Teman-teman mereka sering melabeli mereka dengan sebutan dua sejoli yang tidak bisa dipisahkan. Mereka bukannya anti berteman dengan siswa lainnya, namun kekompakan dan keakraban mereka dalam menggapai prestasi sekolahlah yang patut diacungi jempol. Namun, suatu ketika terjadi perselisihan diantara mereka yang penyebabnya melalui percakapan di bawah ini: Ayu. Ati (panggilan akrab Yati) nanti pulang sekolah kita ke tempat biasa ya, ke Perpustakaan daerahToko Buku Yati. (Terdiam). Hmm ai lihat nanti Yu ... Ayu. Loh, kok jawabannya seperti itu Hayoo lagi galau ya. Yati. Nggak. Biasa saja tuh. Ayu. Itu mukanya kayak kerikil jalanan, gak mulus seperti biasanya. Yati. Benar, saya biasa-biasa saja Yu. Ayu. Ohh gitu. Hmm bagaimana kalau sore kita belajar kelompok di rumah Anna Yati. Mungkin saya gak bisa Yu, kamu saja ya. Ayu. Terus tugas kelompok kita bagaimana Yati. Nanti biar saya yang mengerjakan di rumah. Ayu. Itu bukan tugas kelompok namanya Ti, tugas individu itu. Yati. Você é Sudah, kamu dan Anna saja yang mengerjakannya. Ayu. Kita kan satu kelompok bertiga .. Yati. Ayu, saya lagi gak semangat. ESTÁ BEM. Ayu. Semangat atau tidak tugas harus dikerjakan Ti, apalagi ini tugas kelompok. Yati. Ya sudah kalau begitu, kamu kerjakan saja tugas kelompok itu. Kalau tidak suka coret saja nama saya de kelompok itu. (Bergegas pergi). Bersambung Sejak kejadian itulah hubungan pertemanan mereka kurang membaik. Usut demi usut ternyata Yati mempunyai masalah di keluarganya yang dia tidak mau menceritakannya kepada temannya (Ayu). Ayu pun kurang memahami keadaan Yati sendiri, sehingga faktor kesalahpahamanlah yang menyebabkan pertemanan mereka kurang baik. Nah, Ananda diari diálogo singkat tadi hal apa yang dapat ananda pahami Seandainya salah satu dari mereka itu adalah diri ananda, apa yang akan ananda lakukanSekolah: SMA 1 Lubuk Sikaping BIMBINGAN DAN KONSELING Topik Bahasan. Meningkatkan konsentrasi dalam belajar Bidang pengembangan. Kegiatan Belajar Jenis Layanan. Penanasaan Konten Fungsi layanan. Fungsi Pemahaman, pencegahan, pemeliharaan dan pengembangan. Tujuan Layanan: Agar Siswa mengenal dan memahami apa itu konsentrasi dalam belajar. Siswa mampu bersikap dan berperilaku baik dalam menetapkan target belajar. Siswa mempunyai keterampanan dalam hal konsentrasi dalam belajar dan terampil pula dalam menyiapkan materibahan pelajaran Sasaran Layanan. Siswa kelas XI IPA Uraian Kegiatan dan materi layanan. Penyampaian materi mengenai konsentrasi belajar Tanya jawab Pemberian tugas mengenai keterampanan konsentrasi dalam belajar melalui LKS Penyampaian 1 atau 2 orang Siswa mengenai LKS yang telah di tulisnya. Pemberian kata-kata motivasi untuk meningkatkan gairah dan konsentrasi belajar. Metode. Ceramah, tanya jawab, Tugas de Pemberian. Tempat Penyelenggaraan. Ruang Kelas Waktu: tanggal, semestre. Oktober minggu ke 1, semestre I Penyelenggara Layanan. Peni Okto Randi (Guru Pembimbing) Pihak-pihak yang disertakan dalam layyan penyelenggaraan: Alat dan perlengkapan yang digunakan: Laptop, infokus, powerpoint, lembaran LKS Altifalante. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan: Penilaian Segera. Menanyakan pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan dan melihat jawaban siswa di LKS yang telah dibagikan Penilaian Jangka Pendek. Mengamati perilaku siswa di kelas sewaktu mengikuti pembelajaran Penilaian Jangka Panjang. Melihat hasil nilai dan laporan dari Guru mata pelajaran. Keterkaitan layanan ini dengan layanankegiatan pendukung lain: Himpunan Data, Aplikasi Instrumentasi. Catatan khusus: Mengetahui: Lubuk Sikaping, 23 de setembro de 2012 Koordinator BKKepsek Perencana LayananGuru BK 823082308230823082308230823082308230. Peni Okto Randi Mpd, Kons. MENINGKATKAN KONSENTRASI DALAM BELAJAR Belajar merupakan kegiatan yang khas, yang sedapat-dapatnya dilaksanakan secara serius, tidak sambil lalu ataupun seadanya. Belajar yang serius memerlukan konsentrasi penuh. Untuk itu ada dua hal pokok yang harus diperhatikan, yaitu menetapkan tujuan belajar dan setia mengikutinya, serta mengatur lingkungan belajar. Apa dan bagaimana peroleha yang hendak dicapai dengan kegiatan belajar itu, dengan cara: Bahan yang dipelajari dibagi-bagi: Bahan-bahan mata pelajaran dua-tiga minggu yang lalu Bahan-bahan mata pelajaran seminggu yang lalu. Tugas-tugas yang harus diselesaikan Bahan-bahan yang akan dibahas pada belajar di kelas esok harinya. Persiapan untuk menghadapi ujian kecilkuis. Bahan-bahan tersebut disiapkan dan disusun sedemikian rupa sehingga yang merupakan prasyarat didahulukan, teratur, tidak acak-cakan. Penetapan target belajar Sampai seberapa jauh ananda belajar pada malam itu Untuk menjawab pertanyaan itu, misalnya ananda menetapkan alvo sebagai berikut: Bahan mata pelajaran minggu yang lalu dilihat lagi catatannya. Tugas-tugas (PR) yang harus diserahkan besok diusahakan final pada malam itu. Materi untuk besok harus dibaca sepenuhnya, dari sana disiapkan pertanyaan untuk materi-materi tertentu yang belum dipahami. Untuk menghadapi ucil, dipersiapkan kemungkinan pertanyaannya lalu dijawab sendiri. Penilaian diri Sendiri Apabila ananda benar-benar berkonsentrasi untuk tercapainya alvo yang ananda tetapkan, diyakini akan memperoleh kemajuan-kemajuan yang amat berarti. Namun, jika ditemukan beberapa kelemahan, ananda tidak perlu kuatir. Karena dengan kelemahan-kelemahan itu justru sebagai cambuk untuk menjadi lebih baik. Pengendalian Lingkungan Suasana hati dan Hubungan Sosio emosional Pengaturan tugas-tugas lin Lingkungan Fisik Lingkungan Dinamis Sumber Materi: Prayitno, dkk. 2002. Seri Keterampilan Belajar. Padang: FIP UNP.

No comments:

Post a Comment